mari berbagi cerita dan mimpi masa kecil kita...

Premium Blogger Themes - Starting From $10
#Post Title #Post Title #Post Title

Translate

CERPEN ANAK YANG PADAT BERGIZI

Panjang cerpen anak-anak itu maksimal 700 kata. Kalau lebih, cerpen jadi kepanjangan dan membuat anak bosan, sehingga mereka akan berhenti membaca.

Mantra itu terus terngiang setiap kali aku akan menulis cerita anak. Terus terang, aku sekarang terbiasa menulis cerita panjang dalam bentuk novel. Nah, ketika satu tawaran datang untuk membuat kumdong (kumpulan dongeng) dengan panjang naskan dipatok 400 - 500 kata, aku agak termenung. Mampu nggak ya ...

Tapi kesempatan kan belum tentu datang dua kali, prinsip (yang kubangun mati-matian demi membasmi sifat pemalasku) itu mampu membuatku membulatkan tekad, apalagi yang menawari termasuk ke dalam golongan penulis istimewa, sayanglah jika tawaran itu dilewatkan begitu saja. Kapan lagi coba dot com, dong ... ya, nggak?

Syarat beliau, "jangan lebih dari 500 kata, kalau bisa sih Sabtu udah terkirim ke aku ya, soalnya Senin mau aku ajukan ke Editor."

Ooo siap deh, Bu ...

Tapi ... kenyataan tak semudah yang didamba. Heu ... syusyenya merangkai kata dengan syarat padat tapi cakep.

Walhasil, belum juga cerita dituntaskan, aku sudah dipaksa menghapus tiga perempat halaman pertama, karena jumlah kata sudah melebihi kuota... hahaha. Tapi hasrat nekat terus menjalar. Akhirnya kelar satu cerita *bernapas lega*

Dari pengalaman itu aku mau sharing  trik dan tips , bagaimana menyiasati syarat jumlah kata yang minim, namun pesan cerita tetap sampai.

t r i k:
Jangan ragu membuka cerita langsung ke konflik. Jedeeer aja gitu ... be brave. Opening yang tidak bertele-tele dan langsung mengarah ke konflik, (menurut aku) lebih menarik pembaca dan merangsang untuk terus membaca.

t i p s:
Untuk menjaga plot agar tetap terarah, tentukan pembagian porsinya. Misal: opening-> langsung ke konflik => 1/4 bagian (125 kata), isi -> pertajam konflik => 1/2 bagian (250 kata), closing -> penyelesaian dan kesimpulan cerita => 1/4 bagian (125 kata).

Nah, gitu aja deh sharingnya ... kalau cocok silakan diadopsi, kalau tidak setuju silakan menulis dengan versi dirimu sendiri. Bebaaasss ... 


Salam cinta,


Leave a Reply