mari berbagi cerita dan mimpi masa kecil kita...

Premium Blogger Themes - Starting From $10
#Post Title #Post Title #Post Title

Translate

TIKO DAN TIDUT



PenerbitPELANGI MIZAN
KategoriHALO BALITA
No. ISBN978-602-7979-41-3
Kertas / HalamanSoftcover / 20 halaman
Berat380 gram

Sinopsis:

Tiko sedang bermain petak umpet dengan anak-anak tikus lainnya. Tidut kebagian jaga. Satu... dua... tiga... Tidut mulai menghtung. Anak-anak tikus berpencar mencari tempat sembunyi. Tiko kebingungan memilih tempat persembunyiannya. Tak sengaja matanya melihat sesuatu... Ah, sekarang dia tahu di mana dia akan sembunyi.
Tidut mulai mencari. Satu per satu anak-anak tikus dapat ditemukannya. Tapi... mana Tiko? Semua jadi bingung. Kemana kah Tiko?

Nah, penasaran dengan ceritanya? beli aja deh bukunya.

Sekarang aku mau cerita proses kreatif penulisan cerita ini. Dari mana ide ceritanya? Kayaknya aku nonton film yang tokoh anak-anaknya pelihara tikus putih, deh. Jadii, kuciptakan karakter anak-anak tikus yang lucu. Bosan dengan setting di dalam rumah atau di dapur untuk cerita dengan karakter tikus, maka setting aku ganti dengan peternakan. Outdoor. Kebayangnya kayak cerita-cerita di buku import gitu. Tikus-tikus  tinggal juga di peternakan. Ah, tikus mah bisa hidup di mana aja kan? Tapi, coba deh cari sesuatu yang nggak biasa.

Menulis dongeng untuk balita itu gampang-gampang susah. Gampangnya karena ceritanya pendek. Susahnya... banyak juga. Cari plot  ringan yang bisa dicerna anak balita. Cerita harus mengandung unsur dongeng. Pemilihan kata dan kalimat harus sesuai dengan usia balita. Cerita harus mengandung pesan yang tersirat, tidak disampaikan secara "terus-terang".

Nah, naskah Tiko dan Tidut juga mengalami  revisi. Mulai dari revisi judul sampai isi naskah. Bongkar pasang sesuai permintaan Editor. Ada perbaikan di sana sini. Kemudian, membuat rancangan ilustrasi... dan ini juga nggak bisa sebentar. Memvisualisasi naskah ke dalam tulisan supaya ilustrator menangkap keinginan kita dan nggak salah menerjemahkan naskah ke gambar.

Oke, siapa bilang bikin buku untuk balita itu simpel. Mau coba? Hehehe...

Walau sudah berusaha seteliti dan sedetail mungkin, di buku ini terdapat kelemahan. Ayo... ada yang bisa menebak di mana kelemahannya? Nanti ada hadiah deh...

Aku juga tahu kelemahan ini, ya dari pembaca yang teliti. Thanks to you ya... jadi next project aku bisa lebih hati-hati lagi.

Cukup dulu ya...

Leave a Reply